Pada awalnya Statistika merupakan salah satu bidang peminatan di Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako ITS. Seiring dengan perkembangan kebutuhan di masyarakat, pada tahun 2012 Bidang Peminatan Statistika akhirnya berkembang menjadi Program Studi Baru di FMIPA UNTAD berdasarkan SK Rektor No : 4034/UN28/KP/2012. Program Studi Statistika berada di dalam Jurusan Matematika FMIPA UNTAD bersama-sama dengan Program Studi Matematika.

Dalam perkembangannya, seiring dengan peningkatan potensi yang dimiliki dan semakin berkembangnya iklim akademik, serta didukung oleh komitmen seluruh civitas academica, Program Studi Statistika tumbuh menjadi salah satu Program Studi di FMIPA UNTAD yang menjadi prioritas pilihan bagi masyarakat di Sulawesi Tengah yang ingin melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena perkembangan itu, saat ini  Program Studi Statistika telah memperoleh Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan No:502/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015.

Secara umum, Program Studi Statistika bertujuan untuk mengembangkan Statistika dan penerapannya di berbagai bidang, khususnya bidang: Bisnis dan Ekonomi, Sosial dan Pemerintahan, Lingkungan dan Kesehatan serta Komputasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi Statistika mendirikan dua laboratorium sebagai pusat pengembangan dan penerapan statistika. Ke dua Laboratorium tersebut adalah Laboratorium Statistika Dasar dan  Laboratorium Statistik Terapan.

VISI, MISI, DAN TUJUAN

Visi

Program Studi Statistika unggul secara Regional dalam penelitian pada bidang keilmuan Statistika dan aplikasinya untuk penguatan dan mewujudkan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2030.

Misi

  1. Mengembangkan, menjalankan dan menjaga kesinambungan Program Studi Statistika FMIPA Untad yang unggul dalam Tri Darma Perguruan Tinggi melalui inovasi-inovasi baru yang relevan dalam pembelajaran statistika.
  2. Menyelenggarakan sistem pendidikan bidang Statistika untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan mandiri dalam keilmuan statistika dan terapannya serta mempunyai wawasan yang holistik dan mampu beradaptasi terhadap perubahan IPTEK.
  3. Menumbuhkan, mengembangkan dan menjalankan budaya penelitian di kelompok-kelompok bidang keahlian Statistika guna meningkatkan karya keilmuan, penerapan serta multidisiplin yang diakui secara regional dan nasional.
  4. Menumbuhkan, mengembangkan, dan menjalankan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak termasuk masyarakat dan pemerintah baik lokal, nasional dan/atau internasional dalam penelitian keilmuan dan penerapan Statistika.
  5. Menumbuhkan, mengembangkan dan menciptakan rasa kepedulian civitas akademik Statistika dalam wujud pengabdian pada masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat, program action research dan pengembangan wilayah terpadu.

Tujuan

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan statistika yang menghasilkan lulusan unggul di bidang keilmuan dan penerapannya, pasar kerja dan jeli memanfaatkan peluang usaha.
  2. Menghasilkan sarjana statistika yang kuat dalam IMTAQ dan adaptif terhadap perkembangan IPTEK, mampu melanjutkan studi pada bidang statistika maupun bidang lain yang terkait, literate dalam ICT, mempunyai komitmen, kepercayaan diri, kematangan emosi dan etos kerja tinggi.
  3. Mengembangkan objek kajian statistika dan penerapannya secara berkesinambungan hingga mencapai pengakuan secara nasional.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia, peralatan, sarana prasarana guna mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi menuju hasil karya yang diakui secara nasional.
  5. Memperbanyak kerjasama dan memperbaiki mutu link dengan intitusi domestik, nasional maupun internasional untuk menopang peningkatan kualitas SDM di Program Studi Statistika.